Home

Get cash from your website. Sign up as affiliate

15 Agustus 2011

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park


Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana yang biasa dsingkat menjadi GWK merupakan taman wisata di selatan pulau Bali, tepatnya di tanjung Nusa Dua, kabupaten Badung. Disinilah berdiri sebuah patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Garuda. Patung inilah yang akan dijadikan landmark atau maskot pulau Bali. Setelah selesai dibangun patung ini nantinya akan menjadi patung terbesar di dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter, karena ukurannya inilah maka patung ini dapat mengalahkan patung Liberty. GWK ini merupakan mahakarya dari seniman Bali, I Nyoman Nuarta...
hmmm.... Bangga bukan...MySpace

Saat ini, patung tersebut masih dalam tahap penyelesaian (belum sepenuhnya jadi). Mekipun masih dalam tahap penyelesaian, namun sudah banyak wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung kemari. Di areal GWK, baru berdiri 2 buah patung yaitu patung Dewa Wisnu setengah badan dan patung kepala Garuda yang posisinya masih terpisah. Beberapa komponen patung ini pun sudah dikerjakan di Bandung..

Tempat Rekreasi di GWK :

1. Wisnu Plaza


Wisnu Plaza merupakan tanah tertinggi di daerah GWK dimana tempat kita sementara merupakan bagian paling penting dari patung Garuda Wisnu Kencana patung Wisnu.

Pada waktu - waktu tertentu, akan ada beberapa pementasan tari tradisional Bali dimana patung Wisnu yang megah sebagai latar belakangnya. Karena lokasinya yang tinggi, kita dapat melihat panorama sekitarnya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Wisnu Plaza, dikelilingi oleh air mancur dan air sumur yang merupakan air suci yang tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Parahyangan Somaka Giri ditempatkan di sebelah patung Wisnu, yang secara historis telah dipercaya oleh penduduk setempat sebagai berkat dengan kekuatan magis yang kuat untuk menyembuhkan penyakitnya dan meminta para dewa untuk menurunkan hujan selama musim kemarau karena lokasinya di tanah tinggi (di atas bukit) maka daerah ini termasuk daerah kering, sehingga fenomena turunnya hujan di musim kemarau ini dianggap suci oleh penduduk setempat sehingga air tersebut diyakini itu menjadi air suci.

2. Street Theater

Merupakan titik awal dan titik akhir kunjungan di GWK Cultural Park. Dinilah kita bisa menemukan toko yang menjual souvenir Bali, restaurant, warung makan bahkan kita bisa menemukan Spa disini.




3. Lotus Pond

Area ini merupakan area outdoor eksotis terbesar. Lotus pond biasa digunakan sebagai tempat konser musik, pertemuan Nasional maupun Internasional dalam skala yang besar karena mampu menampung hingga 7000 orang.

Lotus Pond merupakan tempat yang unik karena dihiasi dengan 2 pilar batu kapur, dan patung megah Garuda sebagai latar belakangnya. Awal pembangunan Lotus Pond adalah karena teratai merupakan simbol keindahan, kemakmuran dan kesuburan, selain itu hampir sebagian dewa atau dewi Hindu membawa bunga teratai di tangannya mapun duduk di atas teratai. Teratai juga dilambangkan sebagai kehidupan manusia

4. Indraloka Garden

Taman ini diberi nama Indraloka setelah surga Dewa Indra karena pandang panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di Garuda Wisnu Kencana untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Kita bisa melihat pemandangan Bali dari atas Indraloka Garden

5. Amphitheatre

Amphitheatre adalah tempat di luar ruangan yang dirancang khusus untuk pertunjukan akustik. Pada sore sekitar pukul 18.30 WITA kalian bisa menonton Tari Kecak yang terkenal di Bali, tanpa dipungut biaya. Pertunjukan kecak berlangsung sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Kadang kala Tari Kecak ini dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

6. Tirta Agung

Tirta Agung adalah area outdoor untuk mengadakan acara dengan skala yang tidak terlalu besar. Kalian juga dapat mengunjungi patung Tangan Wisnu, yang merupakan bagian dari patung Garuda Wisnu Kencana yang terletak di areal Tirta Agung.
MySpace menarik bukan?!?!? pastikan kalian datang kemari saat berlibur ke Bali

1 komentar:

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    BalasHapus